Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Drs. Setyo Wasisto, S.H. mengajak masyarakat agar melawan hoax atau berita bohong. Menurut Setyo, sekarang masyarakat tidak hanya menolak, tetapi harus melawan hoax.

“Saatnya masyarakat tidak hanya tolak hoax, tetapi harus dengan melawannya dengan cara menghapus atau tidak menyebarkah hoax,” ujar Setyo saat acara seminar bertajuk “Mengunggah Aman Tanpa Melanggar Hukum” di Gedung Serbaguna Kementerian Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

“Untuk mencegah hoax menyebar di masyarakat, maka masyarakat harus dapat memfilter informasi yang diterima. Karena itu, kita juga melakukan sosialisasi literasi cerdas bermedia sosial agar masyarakat tidak menjadi korban hoax,” tandasnya.

Menurutnya hoax berkembang karena adanya kecenderungan masyarakat Indonesia yang kurang bertanggung jawab dalam bermedia sosial dan ingin pertama menyebar berita.

Namun, Setyo mengakui bahwa ada juga yang memanfaatkan haox untuk mendapat keuntungan ekonomi, mempengaruhi ideologi, membuat provokasi, atau menjatuhkan lawan.

“Apalagi menjelang Pileg dan Pilpres 2019, perlu hati-hati karena hoax akan meningkat dan ini adalah pangsa pasar yang besar,”

Kegiatan Seminar ini dibuka dengan sambutan Oleh Pemred Harian Nasional Makhfudz  Sappe. Dilanjutkan dengan Paparan Narasumber diantaranya, Kadivhumas Polri Irjen Pol. Drs. Setyo wasisto S.H, Slamet Santoso S.H, M.M. Praktisi Komunikasi, Dr. Bagus Sudarmanto, M.Si dengan Moderator Wien Muldian, S.S selaku Pelaksana Harian Gerakan Literasi Nasional. (Hms.Polri)